ASPEK PERKEMBANGAN YANG SANGAT MUDAH BERKEMBANG PADA MASA TK








ASPEK PERKEMBANGAN YANG SANGAT MUDAH BERKEMBANG PADA MASA TK
Oleh: Hj. Dina Asterina, Psikolog
Disampaikan pada pertemuan orang tua siswa TKBI kab. Banjar
Kamis, 27 Desember 2012



             

                        1. INGATAN (Menghafal)
     Selama masa kanak-kanak awal (masa di Taman Kanak-kanak) kemampuan anak dalam hal perhatian serta kecepatan dan efisiensi mereka memproses informasi meningkat, dan mereka mulai membentuk ingatan jangka panjang.
     Ahli teori pemrosesan-informasi menganggap ingatan sebagai sebuah sistem kearsipan yang memiliki tiga langkah:
a.       Pengodean, yaitu proses seperti memasukkan informasi (kode atau nama file) dalam sebuah map (folder) untuk diarsipkan di dalam ingatan (memory hard disk).
b.      Penyimpanan, yaitu meletakkan map (folder) di dalam lemari arsip (memory hard disk).
c.       Pengambilan kembali, yaitu terjadi ketika informasi itu dibutuhkan, anak lalu mencari berkas tersebut dan mengeluarkannya (click file yang diinginkan).
Interaksi sosial tidak hanya membantu anak untuk mengingat, hal ini juga menjadi kunci dalam pembentukan ingatan.
         2.      BAHASA (Artikulasi atau pengucapan huruf dan kata secara benar dan tepat)
Bicara merupakan keterampilan, dan seperti halnya semua keterampilan, bicara harus dipelajari. Bicara terdiri atas:
a.       Kemampuan mengeluarkan bunyi tertentu dalam kombinasi yang dikenal dengan kata, yakni aspek motorik bicara. Diperlukan adanya koordinasi otot dan pertumbuhan gigi yang baik untuk menghasilkan kombinasi suara yang dikenal sebagai kata.
b.      Kemampuan mengaitkan arti dengan kata-kata tersebut, yakni aspek mental dari bicara.

         3.      EMOSI (Keseimbangan dan Pengendalian Emosi)
Keseimbangan emosi yang ideal adalah harus lebih mengarah pada emosi yang menyenangkan sehingga emosi itu mempunyai kekuatan melawan kerusakan psikologis yang ditimbulkan oleh dominasi emosi yang tidak menyenangkan.
Tercapainya pengendalian emosi sangat penting jika kita menginginkan anak-anak berkembang secara normal.

        4.      SOSIAL
Perkembangan sosial berarti perolehan kemampuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial.
a.       Belajar berperilaku yang dapat diterima secara sosial..
Setiap kelompok sosial  mempunyai standar bagi para anggotanya tentang perilaku yang dapat diterima. Untuk dapat berteman, anak tidak hanya harus mengetahui perilaku yang dapat diterima, tetapi juga harus menyesuaikan perilaku dengan patokan atau standar yang dapat diterima.
b.      Memerankan peran sosial yang dapat diterima.
Setiap kelompok sosial mempunyai pola kebiasaan yang telah ditentukan dengan seksama oleh para anggotanya dan dituntut untuk dipatuhi.
c.       Perkembangan sikap sosial. Untuk bergaul dengan baik anak-anak harus menyukai orang dan aktivitas sosial. Jika mereka dapat melakukannya, mereka akan berhasil dalam pentesuaian sosial yang baik dan diterima sebagai anggota kelompok sosial tempat mereka menggabungkan diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar