Cara Mengetahui Kebohongan Siswa dari Gerakan Mata.

Kunci dari cara mengetahui kebohongan dari gerakan mata siswa ini ada pada gerakan mata. Sebelumnya, mari kita kenali istilah berikut; Visual Construction (VC), yaitu mengkontruksi atau membuat Gambar, Auditory Contruction (AC), atau menyusun atau membayangkan bunyi dan suara, Kinesthetic Contruction (KC), yaitu menyusun perasaan, berbicara pada diri sendiri, Visual Memory (VM), yaitu mengingat kembali tentang gambaran, Auditory Memory (AM), yaitu mengingat kembali tentang bunyi dan suara, dan Kinesthetic Memory (KM), yaitu mengingat kembali tentang suatu perasaan.
Posisi masing-masing istilah tersebut, bisa dilihat pada gambar berikut;
mengetahui kebohongan dari gerakan mata siswa
Nah, jika sudah mengetahui letak dari istilah tadi, tinggal dicocokkan saja. Misalnya, Arah bola mata ke kanan artinya berusaha mengkontruksi atau membuat yang belum pernah ada sama sekali. Sedangkan arah bola mata ke kiri artinya mengingat kembali apa yang sudah ada pada memori.
Dalam contoh; seorang siswa tidak memakai baju putih pada hari senin seperti peraturan sekolah yang sudah disepakati sebelumnya. Saat ditanya, “Kenapa ananda tidak memakai pakaian putih-biru?”. Perhatikan arah pergerakan matanya. Umumnya, siswa akan menjawab lupa dibarengi dengan pergerakan bola mata bergerak ke arah kiri bawah, karena berusaha menyusun perasaan dan berbicara pada diri sendiri.
Cara mengetahui kebohongan dengan melihat arah pergerakan bola mata ini, harus dibarengi dengan latihan, semakin sering dilatih, maka ketajaman analisa akan semakin dalam. Sebagai catatan, bagi siswa yang kidal memiliki arti berlawanan arah mata mereka. Jadi dalam gambar, arah bola mata ke kanan, bagi orang kidal sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar