1. Pengembangan
Pembentukan perilaku dan Pengembangan Kemampuan Dasar
·
Bidang Pembentukan
Perilaku
a. Aspek
pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama, diharapkan akan meningkatkan
ketaqwaan anak terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dan membina sikap anak dalam
meletakkan dasar agar anak menjadi warga negara yang baik.
b. Aspek
perkembangan Sosial, Emosional, dan Kemandirian dimaksudkan sebagai wahana
untuk membina anak agar dapat mengendalikan emosinya secara wajar dan dapat
berinteraksi dengan sesamanya maupun dengan orang dewasa dengan baik, serta
dapat menolong dirinya sendiri dalam rangka kecakapan hidup.
·
Bidang Pengembangan
Kemampuan Dasar
a. Berbahasa
Pengembangan berbahasa bertujuan agar
anak mampu mengungkapkan pikiran melalui bahasa yang sederhana secara tepat,
mampu berkomunikasi secara efektif dan membangkitkan minat untuk dapat
berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.
b. Kognitif
Pengembangan kognitif bertujuan
mengembangkan kemampuan berpikir anak untuk dapat mengolah perolehan
belajarnya, dapat menemukan bermacam-macam alternatif pemecahan masalah,
membantu anak untuk mengembangkan kemampuan logika matematis dan pengetahuan
akan ruang dan waktu, serta mempunyai kemampuan untuk memilah-milah,
mengelompokkan, serta mempersiapkan kemampuan berpikir secara teliti.
c. Fisik
Pengembangan fisik bertujuan untuk
memperkenalkan dan melatih gerakan kasar dan halus, meningkatkan kemampuan
mengelola, mengontrol gerakan tubuh dan koordinasi serta meningkatkan
keterampilan tubuh dan cara hidup sehat sehingga dapat menunjang pertumbuhan
jasmani yang kuat, sehat, dan terampil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar